Bismillah

Di dunia komputer, sering didapati istilah sistem operasi. Sistem operasi merupakan peranti lunak (software) yang tersistem dengan peranti keras (hardware). Jadi, tanpa kehadiran sistem operasi dan peranti lunak pendukungnya, peranti keras komputer hanyalah mesin yang terdiri dari pelbagai rangkaian elektronik.

Sistem operasi yang mahsyur digunakan di dunia, termasuk di Indonesia, yaitu Windows, Linux, dan Mac. Di Indonesia, sistem operasi Windows bukan lagi hal yang asing. Hampir setiap pengguna komputer di Indonesia mengenal dengan baik apa dan bagaimana Windows itu. Akan tetapi, beberapa tahun terakhir, para pengguna komputer di Indonesia sering didapati menggaungkan sistem operasi (tidak sekadar) alternatif dari Windows, yaitu Linux.

Linux, pada hakikatnya, bukanlah sistem operasi seutuhnya. Linux hanyalah sebuah kernel. Kernel merupakan jantung (inti) sistem operasi. Karena Linux hanyalah sebuah kernel maka ia membutuhkan peranti lunak lainnya untuk mendukungnya, jadi Linux bisa disebut sebagai sistem operasi jika ia didukung oleh beberapa peranti lunak. Kernel Linux dan dukungan beberapa peranti lunak membentuk sebuah sistem operasi yang utuh, dan memiliki isitilah sendiri yang disebut sebagai distribusi atau distro Linux (Linux distribution, Linux distro).

Ada banyak distribusi Linux, di antaranya: Slackware, Debian, Red Hat, dan lain-lain. Lima tahun terakhir, muncul salah satu distribusi Linux populer dan turunannya (derivative-nya), seperti: openSUSE, Mandriva, Ubuntu, dan lain-lain. Begitu banyak distribusi yang dapat diperoleh (diunduh) di internet. Karena terlalu banyak, terkadang membuat bingung pengguna, terutama pengguna pemula (seperti saya). Semua bergantung pada kebutuhan pengguna. Jika perlu, mencoba satu demi satu distribusi Linux bukanlah hal yang memalukan dan membuang waktu — semua membutuhkan proses, dan terkadang, proses itu memakan waktu yang sangat lama.

Apa pun komputer yang digunakan, cobalah Linux! Bukan maksud menggalakkan Linux, melainkan sekadar saran alternatif sistem operasi komputer selain Windows. Tidak ada larangan menggunakan Windows asal Windows yang digunakan asli (genuine). Jika memang memiliki dana lebih, tidak larangan untuk membeli lisensi asli Windows. Jika ingin menggunakan Linux, mengapa tidak?