Jamak para peneliti (dosen) mempercayakan publikasi ilmiah mereka pada penyedia layanan jurnal. Para penerbit jurnal acapkali merilis dalam bentuk cetak. Namun, kekinian, mereka pun telah jamak menerbitkan versi daring (online) jurnal mereka yang sering disebut sebagai jurnal elektronik (electronic journal, e-journal, jurnal-el).

Baik jurnal cetak maupun elektronik, keduanya elok telah memiliki International Standard of Serial Number (ISSN). Di Indonesia, ISSN untuk publikasi cetak mula didaftarkan oleh penerbit jurnal ke Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI.

PDII LIPI memiliki wewenang untuk melakukan pemantauan atas seluruh publikasi terbitan berkala yang diterbitkan secara nasional. Para penerbit jurnal dapat mendaftar pada laman ISSN LIPI.

Setelah memperoleh ISSN-p (sebutan untuk ISSN versi cetak, huruf ‘p’ representasi kata print), penerbit jurnal dapat menerbitkan jurnal ilmiah mereka. Faedah kepemilikan ISSN adalah jurnal tersebut telah terdaftar (diakui keberadaannya) pada tingkat nasional. Apabila jurnal telah diterbitkan beberapa periode terbitan, elok bila segera mengusahakan pendaftaran jurnal-el mereka.

Sebelum mendaftarkan jurnal-el, elok penerbit jurnal telah membuat laman web khusus jurnal-el mereka. Lebih baik jurnal-el tersebut ditampilkan secara daring pada laman web resmi lembaga, bukan dari penyedia layanan web/blog gratisan, baik WordPress.com, Medium, maupun lainnya.

Apabila jurnal-el tersebut di bawah payung lembaga universitas, biasanya telah disiapkan space khusus bagi pengelola jurnal program studi/jurusan/fakultas untuk menampilkan jurnal ilmiah mereka. Setelah laman web (dengan alamat URL yang jelas) dibuat, penerbit jurnal dapat mendaftarkan ISSN-e (‘e’ untuk elektronik).

Proses pendaftaran ISSN-e tidak jauh berbeda dengan ISSN-p. Elok berkas yang diunggah, baik untuk pendaftaran ISSN-p maupun ISSN-e, berkeselarasan antara satu dan lainnya. Berikut prosedur pendaftaran ISSN-e.

  1. Sila tuju laman ISSN PDII LIPI, yaitu: issn.lipi.go.id.
  2. Pada laman yang termuat, gulir ke bawah hingga mendapati pranala/tautan Formulir permohonan ISSN baru, sila klik.
  3. Selanjutnya, akan muncul laman formulir/borang pendaftaran. Sila isi semua ruas yang ada.
  4. Pastikan isian Sinopsis sama dengan yang tersebut pada pendaftaran versi cetak. Pastikan Surat-e yang dimasukkan dalam kondisi masih aktif (atau sering digunakan). Elok surel beralamat domain web resmi lembaga Anda, misalnya sasindo@upgris.ac.id. Sila isi dengan cermat dan ikuti petunjuk yang ada hingga Anda memperoleh kata sandi (password).
  5. Sila simpan Nomor ID dan Kata-sandi tersebut dengan baik, kedua hal ini akan senantiasa digunakan untuk memeriksa proses verifikasi jurnal-el Anda.
  6. Barangkali, Anda tidak ingin segera mengunggah berkas-berkas yang disyaratkan, simpan dengan mengklik tombol SIMPAN. Selain tombol ini, ketika login pada kesempatan berikutnya, sila pastikan telah mengklik pula tombol PERBARUI HALAMAN INI, terutama bila Anda telah mengunggah berkas-berkas yang diperlukan dan mengubah konten dari ruas yang ada.
  7. Sila tunggu pesan-pesan dari proses verifikasi yang dapat dilihat pada bagian bawah sebagai Arsip komunikasi. Jangan lupa untuk rutin memeriksa surel yang Anda daftarkan.

Semoga bermanfaat.