Doa

Bismillah

Sudahkah kita berdoa hari ini? Atau, jangan-jangan sering tidak dapat menyempatkan diri untuk berdoa kepada-Nya..!? Astaghfirullah.

Doa merupakan aktivitas yang tidak terlepas dari keseharian orang yang mengaku beragama. Di dalam doa, terdapat ujaran-ujaran atau kalimat-kalimat yang berisi beberapa permohonan.

Anehnya, terdapat beberapa orang yang enggan berdoa, salah satunya dengan dalih, “Pantaskah aku senantiasa memohon dan meminta, sementara diriku merasa hina di hadapan-Nya..?!” Walah. Jika memang merasa hina di hadapan-Nya, tetap berdoa, dong. Apa susahnya memohon kepada-Nya semata..!? Yang di atas tidak akan pernah sedikit pun merasa terkurangi atau rugi jika kita tidak berdoa. Seluruh manusia tidak berdoa sekalipun, Yang di atas tetap kekal abadi sepanjang masa.

Berdoa merupakan salah satu perintah-Nya. Ya, Dia memerintahkan kita untuk berdoa. Kenapa? Karena Dia Mahatahu bahwa kita sangat bergantung kepada-Nya. Siapa yang merasa tidak bergantung kepada-Nya? Orang ateis pun akan menjawab bahwa mereka bergantung kepada-Nya, meskipun dengan nada yang lain. Doa, yang sering terlupakan, karena mungkin aktivitas dunia yang menyilaukan, atau bisa pula disebabkan rasa kurang butuh kepada Yang Menciptakan dan Yang Maha Memberi.

Mari berdoa sebagai salah satu wujud rasa syukur kepada-Nya, selagi nafas belum hinggap sebatas di tenggorakan.

Salam hangat,
Latif Anshori Kurniawan