Latif Anshori Kurniawan

Munsyi

Bismillah.

Dunia bahasa amat mengasyikkan. Dari sudut pandang bahasa, nyaris segala hal dapat dianalisis dan didiskusikan, dari sekadar remah-remah, lebih-lebih secara meluas dan serius mendalam—selaik linguistik forensik. Tidak terkecuali bahasa Indonesia, selalu ada hal menarik yang dapat dikaji atau ditelaah dari bahasa resmi nasional Republik Indonesia ini.

Bahasa Indonesia kita amat unik. Barangkali keunikannya masih belum dirasakan oleh segenap pihak. Karena itu, perlu kiranya terdapat wadah penampung serbaneka khazanah bahasa Indonesia—bagaimanapun wujud wadah tersebut. Berdasar hal itu, laman blog ini ini didedikasikan bagi Anda, pengunjung/pembaca setia blog ini. Apalagi, apabila Anda sebagai pemerhati, penggemar, pencinta, atau pemelajar bahasa Indonesia, tentu kami tunggu pelbagai diskusi hangat berkait dengannya.

Awal mula nama laman ini adalah Logawiah. Dalam arti, memang difokuskan untuk membahas pernak-pernik bahasa Indonesia dan bagaimana berbahasanya. Sempat beralih menjadi Linguistik, kemudian bermuara menjadi Munsyi. Harapan kami, laman ini diinisiasi tidak sekadar digemari oleh para penggemar bahasa Indonesia, tetapi dapat pula dijadikan salah satu alternatif rujukan bagi siapa pun yang ingin mengenal dan belajar bahasa Indonesia.

Laman blog ini sekadar menampilkan beberapa tautan (pranala) yang insyaallah berfaedah, dari membahas, mendiskusikan, mengkaji/menelaah, ataupun sekadar menampilkan khazanah pengetahuan perihal bahasa Indonesia. Pranala (beberapa tautan) yang tersaji sekadar bersifat informatif, tidak berafiliasi dengan kami dan tidak selalu (belum tentu) merupakan rekomendasi sehingga dimohon bijak kala menelusurinya.

Dari Para Pekamus Bahasa Indonesia

Oleh Para Pereksa dan Pencinta Bahasa Indonesia

Di antara Para Munsyi Bahasa Indonesia

Jurnal Ilmiah Telaah Bahasa Indonesia (Humaniora/Humanities)

Telaah Korpus/Korpora Pemelajar (Learner Corpus/Corpora Study)

Siniar (Siaran Web Tan-alir—Webcast Non-streamingPodcast)

Lumbung Kode-Sumber Perangkat Lunak (Berbasis Sumber-Terbuka Git)

Apabila terdapat koreksi atau perlu ditambahkan beberapa hal, sila menyambung wicara melalui laman kontak yang tersedia. Selamat menelaah bahasa Indonesia, selamat bercengkerama dengan bahasa yang mengasyikkan ini!

Salam Literasi!