Berbagi Pengembangan Perangkat Lunak via Blog

Saya nyaris tidak melewatkan ketika Pak Ariya Hidayat, melalui blog pribadi beliau di: ariya.blogspot.com, menayangkan tulisan-tulisan perihal pengembangan perangkat lunak, terutama berbasis open-source. Kabar baik terkini adalah semua konten tulisan beliau tersebut telah dipindahkan ke alamat baru, yakni: ariya.ofilabs.com.

Pengembangan perangkat lunak open-source perlu dipublikasikan, salah satunya melalui media blog. Banyak para pengembang (developers) yang melakukan hal ini. Mereka seolah tidak mengharap apa pun dari dunia ini, mereka berbagi hal-hal gratis.

Berbagi ilmu gratis, tidak takut bahwa karya atau produknya digunakan, bahkan dimanipulasi dan diakukan oleh pihak lain adalah hal yang lumrah didapati. Inilah konsep yang diusung oleh pengembangan bersifat open-source dan free software (oh iya, menurut saya, kedua istilah ini berbeda hakikat).

Siapa saja yang terlibat dalam pengembangan open-source sudah barang tentu mengetahui bahwa segala aktivitas kontribusi mereka bakal diketahui publik dan bebas dibagikan. Rasa ikhlas untuk dapat turut serta berkolaborasi merupakan salah satu hal yang tidak dapat diukur. Hal ini dikarenakan ada kesepakatan yang tidak tertulis bersama bahwa mereka ingin bermanfaat dan berkontribusi bagi perkembangan teknologi informasi dunia.

Dengan adanya serbaneka proyek open-source, dunia teknologi informasi berkembang makin cepat dan tidak terbendung. Tentu saja perkembangan yang terjadi adalah perkembangan ke arah yang lebih baik.

Semoga akan terus terlahir para talenta muda yang berkontribusi (meluangkan waktu, tenaga, pikiran, bahkan biaya) pada pengembangan proyek open-source yang bermaslahat bagi umat. Semoga mereka terus Diperkenankan-Nya dapat berbagi seluas-luasnya dengan khalayak ramai, salah satunya berbagi melalui blog.

Ayo berkontribusi!