Calligra Suite 2.9 Beta

Calligra Suite 2.9 versi beta telah dirilis untuk dites beberapa hari lalu. Sebagaimana jamak diketahui bahwa peranti ini merupakan peranti lunak perkantoran dan olah seni grafis yang dikembangkan oleh komunitas KDE. Peranti lunak ini terdiri dari aplikasi pemroses kata (word processing), spreadsheet, presentasi, basis data (database), grafis vektor, dan pelukis digital. Peranti ini dapat dipasang pada komputer pribadi (PC destop), sabak digital (tablet), dan ponsel (smartphone). Informasi lengkapnya dapat merujuk laman resminya di Calligra.org.

Calligra Suite terkini, sebagaimana disebut di atas, masih dalam taraf beta. Dengan kata lain, bukan merupakan rilis final sehingga masih memungkinkan didapati banyak kutu (bug). Namun, tidak ada salahnya dicoba mengingat suite ini dapat dijadikan alternatif peranti lunak perkantoran berbasis sumber terbuka yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Kode sumber (source code) aplikasi Calligra tersedia untuk diunduh. Sementara itu, untuk binarinya, tersedia untuk serbaneka sistem operasi tidak hanya Linux, termasuk Mac dan Windows.

Berdasar pada keterangan laman resmi Calligra, tenggat waktu rilis versi 2.9 final pada bulan Februari ini. Hal ini sebagai pondasi yang selanjutnya akan melahirkan versi 3.0 pada tahun ini juga—insya Allah. Perihal keterangan permasalahan teknisnya, laman forum Calligra cukup membantu—bahkan, beberapa aplikasi membutuhkan maintainer baru, Anda tertarik untuk bergabung?

Salah satu peranti Calligra, yaitu Krita, cukup menarik perhatian saya. Ternyata, banyak juga para seniman (perupa, artis) di Luar, terutama di Eropa, yang memanfaatkan Krita dalam inspirasi karya-karya seni mereka. Hal ini menandakan bahwa kebergantungan pada peranti tertutup dan komersial bukan merupakan harga mati. Kita sungguh bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala karena Dia Menciptakan orang-orang yang membantu kebutuhan kita ‘dengan lebih baik’. Terima kasih, komunitas open source!

Peranti perkantoran Calligra tersedia asali untuk Slackware pada lingkungan destop KDE. Dengan kata lain, ia merupakan bawaan installer Slackware. Walaupun demikian, kita masih dapat memasang peranti perkantoran lainnya, seperti LibreOffice, dengan memanfaatkan dukungan lumbung peranti dari pihak ketiga.

Selamat ber-Calligra di Slackware!