Meramban Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah, baik berupa hasil penelitian maupun buah pemikiran, bukanlah barang asing lagi, terutama pihak-pihak yang berkecimpung di dunia akademik. Membaca jurnal ilmiah merupakan hal yang wajib dilakukan oleh segenap civitas academica.

Tentu saja, sangat banyak faedah (manfaat) membaca jurnal-jurnal penelitian, baik dari dalam maupun luar negeri. Dari membaca beberapa jurnal tersebut, kita bukan sekadar dapat mengetahui informasi perkembangan pengetahuan atau temuan terbaru sehingga semakin memerkaya perbendaharaan wawasan, melainkan pula dapat menggali inspirasi perihal topik-topik penelitian yang memungkinkan memunculkan gagasan-gagasan untuk tulisan sendiri.

Terdapat beberapa laman (situs) web yang menyediakan jurnal, yang dapat kita unduh, baik berbayar maupun cuma-cuma (gratis). Aktivitas meramban jurnal pun semakin mengasyikkan karena semakin banyak bermunculan para penyedia jurnal gratis dengan tetap mengedepankan mutu. Apalagi jurnal-jurnal internasional, yang acap didapati berbahasa asing bahasa Inggris.

Tidak sedikit pula terdapat jurnal internasional nonbahasa Inggris. Untuk hal ini, karena pengetahuan terbatas perihal pelbagai bahasa asing dunia, saya sedikit berikhtiar dengan layanan penerjemah Google–he he he. Sekalipun tidak dapat dijamin ketersampaian maksud (keterbacaan) hal yang terdapat di dalam jurnal tersebut, setidaknya didapati beberapa poin secara garis besar–atau menggunakan jurus mereka-reka, he he he.

Sudahkah Anda membaca jurnal ilmiah hari ini?