Christian Schaller mengabarkan perihal pembaruan distribusi Linux Fedora Workstation. Semestinya, nomor ke-23 yang akan dirilis pekan depan–insya Allah (dikabarkan–di DistroWatch–bahwa terdapat delai waktu perilisannya). Tampaknya, versi terbaru turunan ‘topi merah’ (Linux Red Hat) ini masih mengusung konsep nan serupa, salah satunya ber-Wayland. Namun, ada beberapa tambahan perbaruan lainnya, salah satu di antaranya adalah dukungan firmware baru.

Perangkat keras yang diunggah di lvfs akan dapat diperbarui dengan mudah melalui GNOME Software. Dengan demikian, para pengguna diharapkan tidak terlalu kesulitan ketika menghadapi permasalahan perangkat keras tertutup (proprietary). Berdasarkan pengalaman pribadi, Fedora–yang cukup dikenal putih (dalam arti, tidak menyertakan peranti pihak ketiga pada pemaketan asalinya sehingga memilih langkah yang lebih halal dengan hanya menyediakan peranti nontertutup)–tidak otomatis mendeteksi perangkat keras yang ada. Salah satunya, perangkat adapter Wi-Fi internet dari Broadcomm, pengguna perlu mengulik sebentar agar kartu wireless internet tersebut dapat berjalan dengan semestinya. Alhamdulillah, untuk melakukan hal ini, panduan di internet sudah cukup membantu. Belum berbicara mengenai permasalahan UEFI.

Saya sungguh masih belum mau tahu mengapa pabrikan laptop (OEM) yang bekerja sama dengan Microsoft menyematkan UEFI dan SecureBoot dalam BIOS papan induknya (motherboard). Semoga, dalam Fedora 23, disematkan dukungan untuk mengatasi permasalahan ini.

Salah satu hal ‘asyik’ dari Fedora adalah pembaruannya yang begitu cepat dan kekinian. Belum final versi 23 dipastikan dirilis, sudah dibahas seri selanjutnya (24). Tim utama Fedora sangat terbuka, terutama berkait dengan usulan fitur. Kita cukup bergabung di milis dan menyampaikan usulan atau saran fitur-fitur yang diperlukan untuk rilis terbaru kelak. Tentunya, kita mesti berbijak diri untuk elegan dalam menyampaikannya, apalagi milis tersebut wajiba berbahasa asing Inggris dan dipantau berjuta pasang mata para anggota komunitas dari seluruh penjuru dunia.

Sudah tidak sabar menunggu rilis final Fedora terbaru?