Kelompok Studi Linux (KSL) merupakan grup belajar sistem operasi ber-kernel Linux bagi mahasiswa. Kalau tidak keliru, beberapa kampus dalam negeri pernah (atau bahkan masih) memiliki organisasi kecil setingkat unit kegiatan mahasiswa selaik KSL, di antaranya adalah Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Menariknya, KSL UAD telah beberapa kali menerbitkan buku di bawah Elex Media Komputindo sekitar lebih satu dekade lalu. Penulis-penulisnya pun tidak sedikit para tokoh TIK nasional beken (ternama), selaik Pak I Made Wiryana, Pak Onno W. Purbo, dan lain-lain. Entah bagaimana progress terkini dari KSL UAD, apakah masih eksis atau sudah diganti klub yang lain.

Saya pribadi berharap ada KSL ‘serupa’ di Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). KSL UPGRIS mesti diinisiasi guna mewadahi mahasiswa yang menggunakan Linux dan ingin mendalaminya. Tidak ada salahnya bila KSL UPGRIS nanti bakal berkolaborasi dengan grup studi serupa dari kampus-kampus swasta lain di Semarang yang telah lebih dulu ‘berkontribusi’ pada ranah sumber-terbuka, salah satunya adalah Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

Seiring waktu berjalan, KSL UPGRIS barangkali tidak hanya memayungi para mahasiswa yang menggunakan Linux, tetapi juga segenap mahasiswa UPGRIS yang menggemari atau antusia dengan perkembangan teknologi informasi (secara umum).

Walaupun bukan termasuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat mewadahi kegiatan mahasiswa secara kelembagaan, KSL UPGRIS perlu untuk mempertahankan eksistensinya, terutama dari sisi pengembangan diri, dari waktu ke waktu. Tidak ada kelirunya bila KSL UPGRIS membawa nilai-nilai (value) sebagai berikut.

  • KSL UPGRIS mewadahi pemanfaatan pengembangan dan deployment perangkat lunak berbasis sumber-terbuka (open-source) secara mendalam.
  • KSL UPGRIS membantu pelbagia layanan teknologi informasi (TI), terutama berbasis sumber-terbuka, bagi segenap mahasiswa UPGRIS, para dosen dan karyawan, bahkan bagi masyarakat di sekitar kampus–insyaallah.
  • KSL UPGRIS mendukung optimasi pelbagai layanan internet, selaik media/jejaring sosial, forum, grup, mailing-list (milis), dan lain-lain, di kampus-kampus UPGRIS–insyaallah.

Saya pribadi berharap KSL UPGRIS dapat tumbuh dan berkembang seiring waktu berlalu. Dengan kehadirannya, atas Izin-Nya, semoga dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak, terkhusus bagi segenap mahasiswa UPGRIS.