Latif Anshori Kurniawan

macOS Mojave dan iOS 12: Pembaruan Sistem Apple Tahun Ini

Diterbitkan pada dalam Blog. Tags: , .

Rencana pembaruan sistem-operasi Apple terbaru, baik untuk desktop (seri MacBook Pro/Air dan MacPro) maupun mobile (baik iOS, watchOS, maupun tvOS), telah diumumkan. Walaupun belum dirilis (masih dalam tahap uji-coba), telah diperkenalkan nama kode pengembangannya, di antaranya macOS Mojave dan iOS 12.

Pembaruan (upgrade) ke macOS Mojave dan iOS 12 dijanjikan ketersediaan keduanya pada tahun ini. Ihwal fitur-fitur yang telah dipertunjukkan, dapat Anda simak melalui media warta digital/daring. Kita tengok nanti bagaimana rupa tiap-tiap fitur baru tersebut.

Fitur baru belum tentu diperlukan dan belum tentu sesuai dengan peranti yang digunakan, sekalipun masuk dalam senarai peranti atau perangkat keras yang didukung. Yang disayangkan, beberapa peranti lama—pada tahun-tahun sebelumnya—belum tentu terdapat di dalam daftar.

Kami acap memilih untuk menunggu kestabilan, belum melakukan pembaruan bila baru saja dirilis. Hal ini pun masih dihantui kalau-kalau peranti kami tidak termasuk dalam daftar perangkat yang dapat menjalankan upgrade sistem terbaru. Di samping itu, belum tentu peripheral per bagian perangkat, selaik ruang penyimpanan, mengakomodasi kebutuhan.

Apabila Anda ingin upgrade versi sistem-operasi terbaru iOS, berdasarkan dari jamak pengalaman pengguna, elok menyediakan ruang penyimpanan yang cukup lega, minimal sekitar di atas 16 gigabita. Apabila memungkinkan, elok di atas 16 gigabita, selaik 32–64 gigabita, syukur sudah 128 gigabita.

Lain kasus bila menggunakan macOS, kecenderungan pembaruan yang dilakukan tidak memerlukan space berlebih. Hal ini mengingat kapasitas storage yang telah terpasang secara standar (default) pada MacBook Pro/Air atau MacPro sudah lebih dari bergiga-gigabita–berkonteks pada perangakt yang dikeluar minimal sekitar 2009/2010.

Tidak semua orang terburu untuk upgrade atau update sistem-operasi atau perangkat lunak Apple. Bergantung pada kebutuhan tiap individu yang cenderung bervariatif. Bagaimana dengan Anda; seberapa acap Anda memperbarui sistem-operasi peranti/perangkat Apple Anda?