Siniar Linguistika

2 min read

Pada laman Logawiah, saya menambahkan subbagian telaah kebahasaan yang disampaikan melalui medium siniar yang menelaah Linguistik. Audio rekaman wicara yang disajikan bervariatif, membahas dari khazanah teoretis Linguistika paling dasar hingga ranah yang lebih mendalam.

‘Siniar’ merupakan padanan untuk podcast. Kosakata ini dipopulerkan oleh Wikipedia bahasa Indonesia, yang diinspirasi dari salah satu pos blog Pak Ivan Lanin: diturunkan (di-derivative-kan) dari lema ‘siar’. Alhamdulillah, Badan Bahasa telah membakukannya. Setujukah Anda dengan ‘siniar’ alih-alih podcast ini?

Beberapa persona telah menggunakan kata ‘siniar’, selaik yang dapat Anda temukan di salah satu platform podcast populer Anchor, yang terhubung dengan Podcast milik Google. Belum banyak yang menggunakan kata ‘siniar’.

Sudah bukan hal asing lagi bahwa di iTunes atau Spotify pun, Anda dapat dengan mudah menemukan jutaan siaran atau rekaman siniar setiap hari. Tech startup lokal terbaru tahun ini, yaitu Inspigo, juga berada di industri serupa—hal ini mengingatkan kumpulan siniar TemanMacet yang digawangi Pak Ronald Widha. Omong-omong, istilah podcast sendiri berasal dari gabungan kata ‘iPod Broadcasting’.

Siapapun dapat belajar Linguistik melalui siniar yang ada. Tidak masalah bila sajiannya masih dalam percakapan berbahasa Inggris. Tidak perlu membatasi diri, ilmu dapat diperoleh dari bahasa apapun dan dari manapun, bukan?

Bahasa Inggris yang digunakan pun masih terbilang mudah. Barangkali, jamak aksen british yang digunakan perlu disimak dengan amat hati-hati bila kurang familar. Namun, hal ini dapat diatasi dengan memutar ulang audio yang ada bila mendapati beberapa kosakata kurang tersimak dengan baik. Beriring waktu berjalan, Anda akan terbiasa dengan aksen United Kingdom (U.K.) tersebut—insyaallah.

Saya menambahkan beberapa lagi pada pos tulisan ini, barangkali berguna untuk memperkaya pustaka audio telaah Linguistik Anda—di samping (tentu saja) audio kajian Islam sahih yang telah memenuhi ruang penyimpanan gawai Anda. Kajian Linguistik yang ada masih tergolong ringan dan dikemas bak hiburan selaik siaran radio.

In Depth, Out Loud
In Depth, Out Loud merupakan siniar yang dikelola oleh The Conversation U.K. yang difokuskan bagi kalangan akademik. Sebenarnya, Anda dapat berlangganan melalui aplikasi iTunes pada macOS Anda dan memperoleh pemberitahuan berkala bila ada audio baru dirilis. Sayangnya, para pendengar di Indonesia masih belum dapat menyimaknya melalui aplikasi favorit Apple tersebut sebab ia berbatas ketersediaan bagi pendengar yang berada di Kerajaan Britania Raya. Namun, Anda masih dapat menyimak audio yang ada dengan mengakses laman mereka melalui peramban web kegemaran Anda.

More or Less
Siniar More or Less ini diberdayakan oleh BBC melalui portal radio mereka. Di samping dapat didengarkan melalui peramban web, dapat pula disimak melalui aplikasi iPlayer Radio BBC yang tersedia di toko aplikasi pada platform populer.

The Allusionist
Satu lagi yang tidak kalah berfaedah, siniar dari Helen Zaltzman yang membahas perihal bahasa, yakni The Allusionist. Guna memudahkan para penggemar siniar Zaltzman, aplikasi The Allusionist pun dirilis untuk platform iOS dan Android.

Demikian beberapa siniar Linguistika yang dapat dijadikan rujukan guna menambah wawasan. Selamat bersiniar ria!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.