Latif Anshori Kurniawan

Markah Pranala Sistem Terbuka Favorit

Diterbitkan pada dalam Blog.

Berkomputasi sistem operasi (operating-system) dan/atau perangkat lunak (software) berbasis (yang pengembangannya bersifat) sumber-terbuka (open-souce) dan didistribusikan secara bebas (free) merupakan salah satu pilihan kehidupan yang tidak pernah keliru—insyaallah. Sekadar menggunakan salah satu perangkat lunaknya saja sudah menjadi bagian dukungan bagi pengembangannya, lebih-lebih bila dapat turut serta. Kontribusi atau partisipasi yang dapat diberikan tentu bervariatif sejalan dengan kebutuhan dan kapasitas masing-masing individu pengguna.

Syukur menjadi pengembang (software developer) tetap dan teramat proaktif di dalam komunitas tentu menjadi poin positif tersendiri. Faedah menjadi bagian dari pengembangan open-source, insyaallah, berlimpah. Salah satu yang dapat dirasa adalah kebersamaan pengembangannya bersama komunitas. Kekuatan pengembangan secara terbuka ini pun telah dirasa impaknya dalam peradaban kita beberapa dekade terakhir. Perseorangan ataupun korporasi, sekalipun masih rintisan (startup), teramat lekat dengan teknologi free & open-source software (FOSS). Terima kasih kita kepada seluruh komunitas FOSS di seluruh penjuru dunia.

Keberadaan komunitas FOSS memantik serbaneka proyek terbuka pula. Proyek yang ada tidak selalu sepenuhnya bebas dan terbuka, dibolehkan pula bervariasi. Boleh juga bila tertutup dengan konsep freemium, hal ini bergantung lisensi yang diterapkan. Ada yang didukung oleh kalangan industri (enterprise), ada pula oleh organisasi kecil, atau bahkan dari individu pemrogram (programmer) dari sudut daerah di wilayah terpencil sebuah pulau di dekat Kutub Selatan. Atau bahkan, tidak diketahui sama sekali identitas informatif pemrogram tersebut.

Tidak sedikit, proyek yang ada pun dimulai oleh sekadar pengguna biasa yang tidak memiliki keterampilan teknis berkomputasi sama sekali, tetapi ia berbahagia dengan UNIX BSD dan Linux yang ada. Pengguna memaslahati jamak sistem terbuka dalam rilis tetap (fixed). Alih-alih menggunakan sistem yang dikembangkan secara tetap, tidak sedikit pengguna fanatik yang lebih condong pada pemfaedahan sistem yang dirilis secara “terus-menerus” (diistilahkan sebagai rolling release). Rilis rolling dimaksudkan bahwa pembaruan komponen sistem dapat diperoleh pengguna secara berkala tanpa menuntut pengguna menunggu versi-versi stabil terbaru. Pada sistem rolling, cenderung memang telah ditandaskan bahwa tidak ada jaminan sistem akan tetap stabil.

Pendek kata, tidak menutup kemungkinan, pengguna memperoleh pengalaman yang kurang menyenangkan ketika mengoperasikannya. Kondisi unstable dan mendapati pelbagai bug adalah keniscayaan—insyaallah. Namun, justru ini yang menarik dan menggembirakan. Pengguna dapat melaporkan kutu-kutu yang didapati untuk kemudian akan dicermati dan/atau ditindaklanjuti oleh pengembang (developers) dengan melakukan perbaikan/revisi—bila dimungkinkan dapat.

Berikut pumpunan markah (bookmark) pranala (hipertaut, beberapa tautan) berkas citra ISO sistem berbasis sumber-terbuka populer nan acap kami faedahi dan/atau favoriti. Sistem-sistem terbuka berikut, jamak di antaranya, merupakan proyek terbuka untuk sistem mayor (sistem utama, bukan turunan/derivative dari sistem lain). Kami sekadar menggemari perkembangan pembaruan (update) terbarunya sehingga nyaris melakukan visitasi refresh pada tiap harinya, apalagi laman DistroWatch.com yang nyaris tidak mudah lenyap—insyaallah—dari area riwayat/histori peramban web kami.

Memang, tidak setiap laporan kutu sistem/perangkat lunak direspons. Namun, setidaknya, hal itu dapat dijadikan pertimbangan senarai tugas berikutnya bagi tim pengembang. Sekalipun tidak dipertimbangkan sama sekali, minimalnya menjadi referensi pengembang sehingga mereka pun dapat melakukan proses pembenahan yang lebih baik di kemudian hari. Mendapati sistem unstable terus-menerus acap justru dianggap hal yang baik sebab hal ini merupakan bagian dari proses belajar bersama.

Toh, kita (pengguna biasa) dapat memaslahatinya dengan bebas (free) dan mempelajarinya secara leluasa (sebab open-source), bukan? Alhamdulillah. Mengikuti perkembangan terkini sesuatu barangkali cukup meletihkan. Namun, dunia sumber-terbuka, bagi kami, teramat masih menyenangkan untuk diikuti perkembangannya. Berdasar luaran ketersediaan citra ISO sistem terbuka terkini, paling tidak, kita memperoleh pelbagai hal baru, dan mudah-mudahan kita dapat memetik ibrah dari update yang ada.